Blogging cara tepat untukmu

On-Page Seo: Belajar Optimasi Artikel Dari Dalam Agar Menempati Posisi Nomor 1 Google

On-Page Seo: Belajar Optimasi Artikel Dari Dalam Agar Menempati Posisi Nomor 1 Google
Berbicara tentang On Page SEO tentu dalam pikiran Anda hanya ada 3 hal yang paling penting; Title,meta deskripsi dan permalink. Anda berpikir begitu karena beberapa blog diluar sana lupa melengkapi apa yang Anda perlukan agar artikel blog Anda bisa menempati posisi nomor 1 di google.

Kali ini, pada postingan ini saya tidak akan menjabarkan apa yang sudah mereka publish pada blog mereka, Saya tidak akan membagikan tentang definisi onpage seo serta teori semata, Namun saya akan beritahukan serta mengajarkan kepada Anda hal penting tentang on-page seo yang bisa Anda terapkan sekarang juga. Tak lain dan tak kurang untuk menjadikan blog Anda bisa menjadi jawara pageone.

Kabar baiknya karena kita tidak akan menjurus lebih dalam tentang 3 hal pokok tadi dan Anda tidak perlu paham semua teknik yang memusingkan ini sebab semuanya mudah untuk Anda lakukan.

Dalam artikel ini saya sudah persiapkan langkah demi langkah yang akan menuntun Anda dengan bahasa yang mudah dipahami.

Mari kita mulai....

1) Optimasi Judul Artikel

Ada 2 macam strategi mengoptimasi judul artikel...
  1. Menargetkan kata kunci tertentu agar bisa pageone
  2. Menargetkan 1 judul banyak keyword
Dan untuk pilihan kedua saya sudah pernah membahasnya. silahkan kunjungi  → Satu Judul Artikel Banyak Kata Kunci , Keyword Abstrak , Target Pageone

Dan pilihan kedua adalah pilihan paling baik karena cara itu bisa mendongkrak trafik website.

Namun jika Anda mau tahu bagaimana mengoptimasi judul dengan menargetkan kata kunci tertentu maka cara singkatnya " Gunakan kata kunci target pada awalan judul " Namun percaya saja bahwa ini susah, karena banyak pesaing, namun bukan berarti tidak bisa Anda lakukan dan menangkan jika Anda benar2 membuat artikel untuk judul itu menjadi paling berguna untuk orang dibanding apa yang sudah ada di search engine google.

Mengapa Judul Harus Di optimasi ??

Agar memudahkan mesin perayap menelusuri kata kunci yang Anda targetkan. itulah kenapa judul harus di optimasi, tidak sembarangan menggunakan judul.

Dalam melakukan optimasi judul artikel, ada ketentuan penting terlebih dulu yang harus Anda pahami. Bahwa judul adalah kebutuhan manusia. Itulah mengapa riset keyword perlu diberlakukan.

Misalnya begini...

Anda menargetkan kata kunci " Beli baju baru " Tentu sebelum Anda mempublish artikel itu, sudah banyak yang sudah menerbitkan kata kunci itu, sekarang tugas Anda lakukan riset dan cari kata kunci yang intent komersial. Artinya, kata kunci yang memang dicari orang. Misalnya, Beli baju baru untuk anak yang bagus dan murah. Dalam hal ini Anda menggunakan kata kunci yang tertarget. Walaupun tidak akan banyak yang mengetikkan itu namun seiring waktu konten Anda akan mendapatkan otoritas karena relevan dan nantinya posisi konten blog Anda bagus posisinya.

Jadi, Targetkan kata kunci tertentu dan terapkan itu pada judul artikel Anda.

2) Optimasi Kata Kunci Lsi

Kata kunci lsi adalah pengganti dari density keyword karena google sekarang lebih mementingkan kenyamanan pengguna. Google berusaha terus untuk maju agar bisa menjadi search engine terkemuka dan terbaik dari semua search engine yang ada. Maka dari itu relevansi sebuah makna makin di utamakan.

Mengggunakan Lsi keyword akan membantu Anda untuk mengembangkan isi artikel Anda, kabar baiknya karena lsi keyword juga maka kita semakin bisa lebih memaknai apa yang hendak kita sajikan untuk banyak orang.

Ada begitu banyak pengaruh LSI keyword ini untuk rangking google. Dan untuk melengkapi pemahaman Anda serta cara kerjanya silahkan tambahakan wawasan Anda pada artikel Cara Menggunakan Kata Kunci Lsi Agar Artikel Blog Mendapatkan Rangking Bagus Di Google

3) Optimalkan Gambar ( Kelengkapan Konten )

Dalam dunia seo, gambar juga dikenal sebagai thumbanil untuk kata kunci. Jadi beberapa orang ketika menggunakan gambar dalam artikel mereka maka kata kunci itu disematkan pada title dan alt. Namun mengoptimalkan gambar bukan hanya sekedar pada title dan alt saja, justru masih ada beberapa hal lainnya. Dan kabar baiknya bahwa saya sudah membuatkan artikelnya, silahkan Anda baca ; Cara Mengoptimalkan Gambar Dalam Postingan , Teknik Seo 
 

4) Meta Deskripsi Penelusuran

Sebelumnya pahami ini dulu...
Meta Deskripsi tidak akan pernah mempengaruhi posisi SEO,Namun meta description mempengaruhi kadar klik sebuah judul postingan atau yang biasa disebut (CTR).

Kenapa ?

Karena deskripsi adalah tulisan pendek, sebagai kutipan singkat dari totalitas artikel. Karena deskripsi maka perayap akan menelusuri sesuai dengan query penelusuran.

Apabila meta description ada kaitan dengan judul utama maka orang yang menggunakan mesin pencari ini aan lebih cenderung untuk melakukan klik dan mengunjungi website Anda.

Cara terbaik untuk mengoptimasi meta description adalah dengan memasukkan kata kunci ke dalam meta deskripsi penelusuran.

5) Optimalkan Internal Link

Induk dari segala optimasi seo adalah " Seo Mapping " Dan hal ini bisa tercipta ketika Anda menstrategikan isi blog/web Anda dengan struktur internal link.

SEO Mapping adalah sebuah proses pemetaan website ( Navigasi ) yang kita buat dan terancang agar website kita bisa lebih mudah dipahami oleh manusia demikian pula mesin pencari. Strategi ini disebut juga sebagai teknik awal hingga akhir yang artinya membiarkan pengunjung tetap berada dalam website kita berlama-lama.

Namun sesuai dengan kebutuhan mereka. Teknik ini bertujuan agar memberitahukan mesin pencari kalau pengunjung Anda berlama-lama, artinya konten Anda memang menarik untuk mereka sehingga hal tersebut dapat mendorong otoritas website Anda. Itulah makanya diciptakan yang namanya page authority dan domain authority.

Saya sendiri sangat menyukai menggunakan cara seo ini dan Anda bisa juga mempelajarinya ; Alasan Mengapa Anda Harus Mempelajari strategi Internal Link

6) External Link

Link keluar menuju ke sebuah website lain, external link, itu baik untuk dilakukan. berdasarkan ux experience dimana pemilik website agar kiranya dapat menavigasikan pengguna dengan baik maka external link juga harus diterapkan, jika pada saat Anda menjelaskan sesuatu memang harus memberikan link untuk menuju ke website yang Anda maksud.

Ada banyak orang mengatakan bahwa " Jangan Menggunakan Link Keluar " karena katanya itu memberi beban website Anda.

BISA TUNJUKKAN KAPAN DAN DIMANA GOOGLE MENGATAKAN ITU ??

Google hanya mengatakan jangan membodohi, jangan membuat pengunjung Anda merasa tidak nyaman dan sebaliknya Anda harus menavigasikan pengguna dengan baik.

Saya contohkan bagaimana pengunjung Anda tidak merasa nyaman:

  1. Anda memberikan link tapi berbentuk text sehingga pengunjung Anda harus melakukan " Menyalin " lalu kemudian mempaste ke addres bar, Harusnya link itu bisa untuk di klik.
  2. Anda memberikan link hidup namun link tersebut mati atau mengarah ke bukan website yang Anda jelaskan.
  3. Terlalu banyak link yang menuju ke website lain dengan cara terbuka secara otomatis.
Dan hal tersebut memang merugikan pengguna.

Jadi hindari hal itu dan mulailah menggunakan link external dengan semestinya, dan jangan takut untuk menggunakan link keluar karena Menggunakan Link Keluar Itu Baik Untuk Optimasi Seo

7 ) Permalink, Jangan Lupa!

Terakhir adalah permalink...
Karena hal ini juga menjadi salah satu optimasi onpage seo yang penting jadi sebaiknya Anda baca kelengkapannya pada Cara Mengatur Permalink Artikel Blogger


Tag : seo
0 Komentar untuk "On-Page Seo: Belajar Optimasi Artikel Dari Dalam Agar Menempati Posisi Nomor 1 Google"

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan


Back To Top