Cara Mempercepat Index Artikel Blog Ke Google Yang Baru Saja Dibuat

Artikel ini akan menuntun anda dengan mudah tentang Cara Mempercepat Index Artikel Blog Yang Baru Saja Anda Buat-Saat anda selesai membuat sebuah artikel dari blog anda lalu kemudian publish ke internet sesaat itu pula anda kepikiran bagaimana caranya agar artikel tersebut segera terindex ke mesin pencari . tentu mesin pencari tertuju yakni google dimana google menjadi mesin penelusuran yang paling banyak digunakan orang jadi jika sebuah artikel terindex di goolge kemungkinan besar mendapatkan visitor organik akan lebih banyak .

Namun sayangnya, google tidak secara instant pula mengindex sebuah artikel ketika googlebot sebagai robot mesin pencari belum merayapi artikel tersebut . Makanya itu yang menjadi PR kita dimana kita sebagai pemilik blog harus mengupayakan caranya agar index sebuah artikel lebih cepat . kita upayakan bagaimana kiranya googlebot dapat dengan segera merayapi dan mengenal artikel yang baru kita buat tadi .

Apa Dan Bagaimana Cara Mempercepat Index Artikel Blog Yang Baru Saja Dibuat ???

Artikel kali ini akan menuntun anda melalui beberapa pengalaman saya mengenal tentang bagaimana kiat kiat khusus agar sebuah indexing terjadi .
Beberapa pelajaran berikut melingkup pengenalan apa itu indexing , bagaimana googlebot merayapi lalu kemudian mengenal apa yang dimaksud crawling .
Cara ini berlaku untuk semua blog yang anda kelolah untuk lebih dimudahkan dalam pengembangan mesin pencari . semua blog , tanpa terkecuali .
GoogleBot, Crawling , Indexing
Namun terlebih dulu sebaiknya kita mengenal ketiga istilah yang penting dalam dunia google yakni googlebot , crawling serta indexing .
Istilah ini perlu diketahui karena menyangkut semua hal yang berbagu google , oleh karenanya dipaparkan sebagai berikut  .

1. Google Bot.

Googlebot atau robot mesin pencari, sebuah algoritma yang canggih yang dibuat google yang fungsinya untuk merayapi semua file yang ada dalam database google itu sendiri .
Tugas googlebot sama dengan pekerja sebuah perusahaan , berhubung karena googlebot ini adalah sebuah algoritma yang sudah diset sedemikian rupa oleh google sebagai induknya maka proses rayap merayapi ditugaskan oleh googlebot secara otomatis .

2. Crawling

Proses terjadinya ketika googlebot bekerja . crawling bisa juga disebut sebagai Perayapan atau penelusuran .
Ketika googlebot bekerja , robot ini akan merayapi satu demi satu website yang ada di internet lalu kemudian mencari informasi yang sesuai dengan permintaan orang yang melakukan ketikan di mesin pencari google .
Jadi pengertian untuk crwling adalah proses dari kerja robot mesin pencari ketika melakukan penelusuran . lebih jelas mungkin jika dikatakan crawling = penelusuran , perayapan .

3. Indexing

Indexing sendiri hasil dari pekerjaan googlebot setelah menemukan informasi yang sudah ditelusuri .
setelah menelusuri dan menemukan data yang cocok maka googlebot akan melakukan proses indexing, yakni menyimpan data tersebut kedalam database google .

Cara Mempercepat Artikel Di index Google Menggunakan Feetch As Google

Setelah mengenal system kerja google bot merayapi lalu kemudian melakukan indexing maka kita sudah bisa tahu cara kerja googlebot ini .
Dengan demikian yang harus kita upayakan adalah bagaimana supaya googlebot ini dapat lebih mudah merayapi artikel yang baru saja kita buat .
Sebenarnya ada 2 cara untuk melakukan indexing lebih cepat . cara satu yakni secara manual yang bisa kita lakukan lewat webmaster tools dan cara kedua membiarkan secara otomatis googlebot merayapi artikel kita.
Berhubung dengan membiarkan googlebot merayapi secara otomatis bisa memakan waktu yang lama karena backlink blog yang kita miliki sedikit , jadi mending kita lakukan secara manual saja.
Cara yang akan kita pelajari adalah cara paling mudah dan paling cepat terindexnya sebuah artikel ke google yang dilakukan secara manual .

Dengan menggunakan fasilitas yang sudah diberikan goolge bagi pemilik website yang sudah memverifikasikan blog atau websitenya ke google web master . berikut caranya :

  1. Login terlebih dulu ke Google webmaster tool
  2. Pada dashboard webmaster silahkan anda pilih menu crawl
  3. setelah itu klik feetch as google , dan masukkan potongan url pada kolom yang tersediaPercepat Index Menggunakan Feetch As Google
  4. Selanjutnya anda klik menu FETCH , fetch untuk isi artikel saja , feetch and render ketika semua java script mau dirayapi juga . secara pribadi saya pilih fetch saja .
  5. Langkah berikutnya setelah anda sudah melakukan fetch maka tugas selanjutnya adalah melakukan request
    Percepat Index Menggunakan Feetch As Google
  6. Silahkan anda klik request indexing , setelah itu akan ada notifikasi lagi , isi chapca dengan benar dan ikuti petunjuk seperti gambar dibawahPercepat Index Menggunakan Feetch As Google
  7.  Dan hanya hitungan detik artikel anda sudah terindex ke google .untuk membuktikannya silahkan copy link artikel tersebut lalu kemudian pastekan ke kolom mesin pencarian seperti gambar dibawahPercepat Index Menggunakan Feetch As Google

Demikian cara paling mudah agar artikel yang baru saja kita buat terindex ke google .
Jika jaman dulu harus berburu backlink yang banyak agar index sebuah artikel bisa terjadi secara cepat , jaman sekarang beda lagi .
Hanya dengan bantuan webmaster tools maka index sebuah artikel ke google bisa sangat cepat , bahkan hanya hitungan detik saja . hebat bukan ???

You May Also Like

17 Comments

  1. Kalo niche tentang android?pilinya seluler : Ponsel cerdas.Pasti statusnya di alihkan,tapi pas coba desktop itu baru statusnya selesai.Bagaimana caranya supaya yang seluler agar statusnya selesai?

  2. Index sekarang lemot parah ya om,,udah berhari-hari macet,,kalopun pakai fitur fetch yang ada malah spam karena terlalu banyak request index,,ada solusi lain untuk mempercepat indexnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *