Cara Mengatasi Algoritma Cctld Terbaru Google Yang Membuat Trafik Turun

By | December 15, 2017

Tepatnya pada tanggal 27 oktober 2017 google Google ccTLD tidak lagi memberi akses ke hasil pencarian internasional. Google mengumumkan bahwa website yang menggunakan domain tingkat negara ( cctld )seperti co.uk,co.id dan sebagainya tidak lagi dapat diakses keberadaannya secara tingkat internasional di mesin penelusuran. Hal ini diberlakukan google karena google mau untuk terus memberikan hasil yang lebih relevan secara lokal untuk para penggunanya.

Seperti yang kita tahu bahwa terus menerus dan akan terus memberlakukan apa yang terbaik untuk para penggunanya.

Namun tahukah anda bahwa hal ini sempat menjadi kontroversi? Karena kebijakan cctld ini maka sempat memicu kontroversi karena memiliki implikasi luas dalam hasil pencarian utamanya secara internasional ? Namun kita tahu bahwa apa yang menjadi kebijakan google maka itulah yang kita wajib patuhi. sebagai pemilik website yang bernaung dibawah search engine google mau tidak mau harus patuh saja dan kita semua tahu pembaharuan ini adalah yang terbaik menurut google untuk para penggunanya.

Selain itu kebijakan google terbaru ini juga mengutamakan konsekuensi utamanya para praktisi seo agar dapat memberikan hasil secara inheren untuk para pengguna secara lokal dan jangan di buat secara international (universal ) karena algo yang lalu sempat dapat membentuk pergesaran intrinsik yang dapat di lihat dari peringkat setiap website tersebut.

Yang artinya, ketika sebuah domain cctld (lokal) memiliki tingkat relevan yang lebih baik dibanding Tld namun tetap saja digeser oleh domain universal sehingga cctld ini kemudian tidak memiliki tempat atau posisinya yang tidak bauk atau sangat tidak bagus oleh karena itu algoritma terbaru ini pun diberlakukan.

Apa Saja Pengaruh Algoritma Cctld Yang Dialami Oleh Para Pemilik Website ?

Ini yang anda alami karena perubahan algoritma google terbaru: Perubahan Google algoritma terbaru ini memungkinkannya membatasi akses terhadap hasil SEO secara internasional dan memangkas hasilnya di serp agar lebih relevan.

Dapat dilihat pada Rank Risk Index, yang mencapai tingkat risiko 64 pada tanggal 28 Oktober.

Pembaruan algoritma ini juga mempengaruhi hasil SERP secara global, dengan pergeseran posisi di serp yang dapat dilihat hasilnya dari segi penurunan trafik web/blog anda secara signifikan.

Tapi tidak semua kita mengalami hal ini karena ada beberapa website yang justru mengalami peningkatan trafik secara besar besaran dan inilah yang akan kita cari mengapa itu terjadi.

Cara Mengatasi Algoritma Cctld

Jadi singkat saja…

Karena algoritma ini maunya hasil relevan secara lokal lebih di utamakan/lebih di prioritaskan maka anda sebagai pemilik website tinggal mengikuti saja aturannya.

Atur bahasa, lokasi, dan bahasa…

Mudah saja bukan.. ? Jadi walaupun web/blog anda menggunakan domain tld namun anda juga harus memberikan nilai relevan yakni targetkan secara khusus.

Nah, karena beberapa diantara kita masih ada yang belum paham maka disini saya mau beritahukan caranya.

Lansung saja..

1- Pada webmaster ( Penargetan negara ) ubah ke negara indonesia jika web/ blog anda berbahasa indonesia. Ubah bahasa di webmaster tools…

Penargetan negara di webmaster tools

Jika sudah, sekarang kita biki biar makin lengkap dengan memberikan tag meta dalam template…

<meta content=’id_ID’ property=’og:locale:alternate’/>
<meta content=’Indonesia’ name=’geo.placename’/>
<meta content=’id’ name=’geo.country’/>

Kode tag diatas disimpan di dalam template tepat dibawah kode <head>

Itu saja…

Dengan begitu anda sudah memberitahukan perayap google bahwa web/blog anda sudah diatur secara relevan dan ditargetkan secara lokal.

Demikian Cara Mengatasi Algoritma Cctld Terbaru Google Yang Membuat Trafik Turun. Semoga bermanfaat buat anda.

Jika hal diatas tidak memberikan dampak perbaikan secara signifikan maka anda boleh meluangkan waktu anda dengan memberikan komentar dibawah.

Salam….

Category: seo

0 thoughts on “Cara Mengatasi Algoritma Cctld Terbaru Google Yang Membuat Trafik Turun

  1. bayapk

    Terima kasih omblogging,setelah ada algoritma ccTLD ini,blog saya mengalami penurunan trafik.Semoga saja setelah saya terapkan cara ini,traffik saya dspat stabil seperti biasanya.

    Mau beli ccTLD cuma masih di bawah umur,jadi apa boleh buat.TLD pun pilihannya..

    Reply
  2. Nofianto

    Masih belum paham saya mas, maksudnya apakah seperti ini, misalnya kalo kita menargetkan visitor dari UK maka sepantasnya domain dengan TLD .co.uk lebih relevan bila dibanding dengan domain .com apakah seperti itu. Setingan tag meta yg mas sampaikan di atas apakah khusus bagi pengguna blogger?

    Reply
  3. OM BLOGGING

    Justru karena algoritma terbaru ini di khususkan relevan lokasi untuk setiap website maka dari itu tag diatas juga diterapkan untuk domain tld juga untuk sub domain

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *