Mengoptimasi Kategori Dan Tag Untuk Keperluan SEO

kategori dan tag

Saya sering menjumpai situs dengan struktur kategori dan tag yang sama sekali tidak dikelola dengan baik.

Bahkan saya pernah menjumpai situs situs besar seperti web portal berita tidak mengolah tag dan kategori dengan baik.

Sekelas situs berita besar pun bisa mendapatkan kualitas seo yang buruk karena penggunaan tag dan kategori yang berlebihan.

Perlu diketahui bahwa Tag dan kategori adalah contoh dari sistem taksonomi. Ketika digunakan dengan benar, sistem taksonomi yang baik dapat meningkatkan SEO situs Anda,Dan sebaliknya ketika digunakan salah, akan merusak segalanya.

Artikel ini membahas mengapa setiap halaman website itu penting dan bagaimana mengoptimalkannya dengan baik. Dalam hal ini adalah keterkaitan antara tag dan kategori.

Kategori dalam web Anda sangatlah penting untuk SEO. utamanya situs eCommerce, Bahwa kategori bisa lebih penting daripada halaman postingan. Seharusnya kategori itu menjadi paling pertama tampak pada hasil mesin pencari,sebab,tag dan kategori adalah arahan.

Karena itu,kedua pilihan ini harus di optimalkan lebih baik lagi agar dapat memberikan pengalaman pengguna yang baik pula.

Jika situs Anda adalah toko online dan produk Anda selalu berubah,Maka kategori lebih penting di optimalkan.

Jika situs Anda adalah situs daftar pekerjaan di mana ada banyak jenis pekerjaan, kategori lebih penting diutamakan.

Jika tidak, Anda hanya mengoptimalkan kualitas seo halaman yang akan hilang dan tidak dicari lagi beberapa minggu / bulan kemudian.

Kategori Dapat Mengatasi Persaingan Antar Halaman

Jika Anda menjual pakaian olahraga dan juga mengoptimalkan setiap halaman produk pakaian olahraga lainnya, maka semua halaman itu akan bersaing untuk istilah kata kunci”pakaian olahraga”.

Misalnya seperti ini…

Anda menjual pakaian olahraga yang bervariasi ; Lengan panjang,kaos tebal,warna warni,dan sebagainya..

Dengan begitu Anda harus mengoptimalkan merek khusus produk Anda,dengan cara menghubungkan semua produk tersebut ke halaman kategori “pakaian renang”.

Dengan begitu halaman kategori dapat memberi peringkat untuk kata kunci”pakaian renang”, sedangkan halaman lainnya bisa mendapatkan peringkat untuk istilah yang lebih spesifik.

Contoh kata kuncinya….” Pakaian renang lengan panjang,pakaian renang warna merah dan sebagainya…. ”

Dengan cara ini, halaman kategori mencegah setiap halaman bersaing.

Tidak terlepas dari jenis website Anda. Misalnya saja Anda mengelolah sebuah blog kemudian mengkategorikan beberapa postingan ke kategori tertentu maka kategori itu bisa mendapatkakan peluang untuk menempati halaman 1 di mesin pencarian.

Breadcrumbs,Kategori dan Arsip

Breadcrumb juga memiliki peran yang sangat penting. Breadcrumb adalah jenis permalink yang menjelajahi setiap konten yang ada dalam kategori.

Ini sangat baik dan dapat menunjukkan kepada Google struktur situs Anda,Dan juga menegakkan otoritas halaman kategori untuk topik tersebut.

Jadi struktur breadcrumbs sangat baik untuk memperkuat kategori dalam website Anda.

Tapi Hati hati juga untuk mengubah struktur URL jika statusnya sudah ada di mesin pencarian.

“Mengubah url berarti mengubah struktur website”

Sebaiknya pikir baik baik ketika menggunakan Breadcrumb utamanya ketika Anda menggunakan plugin plugin yang menawarkan fasilitas Breadcrumb.

Cara membuat halaman kategori yang luar biasa

Meskipun jelas bahwa arsip dan taksonomi sangat penting, namun kadang tidak mendapatkan hasil yang diharapkan.

Untuk membuat halaman kategori Anda menjadi luar biasa, cukup tambahkan sedikit deskripsi ( kalimat pengantar) yang berfokus pada topik kategori itu.

Ini akan sangat membantu untuk dapat memastikan bahwa ketika pengguna melihat di search engine mereka bisa datang berkunjung di halaman kategori itu, ia pun tidak pergi karena mendapatkan yang sesuai,Dan pengunjung ini dapat melakukan klik pada salah satu kategori yang di cari.

Ini berarti bahwa setiap halaman kategori dan tag perlu memiliki teks khusus. Itu tidak sulit, tapi sudah pasti sebuah pekerjaan…Tapi, tidak ada yang mudah untuk urusan SEO apalagi kualitas website yang maksimal.

Tag dan kategori duplikat

Masalah terkait yang sering saya lihat, adalah situs yang memiliki tag dan kategori duplikat.

Ketika Anda memiliki kategori “pakaian olahraga”, Anda tidak harus memiliki tag “pakaian olahraga” juga.

Coba pikir…Jika Anda melakukannya, mana yang harus diberikan peringkat pertama oleh Google ?

Hal ini berlaku untuk satu atau dua konten,sebuah artikel yang memiliki kategori baju tidak perlu diberi tag baju pula,

Anda harus menghilangkan salah satunya. Jika itu untuk digunakan pada tag maka jangan gunakan untuk kategori, dan sebaliknya, jika itu untuk kategori maka jangan gunakan pada tag.

You May Also Like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *