Optimasi Seo Title Tag 2019

optimasi title tag

Title tag adalah elemen HTML yang menentukan judul halaman website.

Title tag ditampilkan pada halaman hasil mesin pencari (SERP) sebagai judul utama yang dapat diklik oleh pengguna search engine, dan ini sangat penting untuk SEO, dan juga untuk sosial media.

Tag judul halaman web dimaksudkan untuk menjadi deskripsi yang akurat yang singkat dari konten halaman.

Itulah mengapa Title tag ini sangat berperan penting untuk seo dan perlu di optimalkan.

Contoh Kode Tag Title

<head>
  <title>Contoh Title</title>
</head>

 

Format:

Kata Kunci Utama – Kata Kunci Sekunder | Nama Web

Hasil Format:

10 Prediksi Seo- Teknik seo- Jasa Seo

Panjang judul yang optimal

Google menampilkan 50-60 karakter pertama dari tag judul.

Jika Anda menggunakan judul di bawah 60 karakter, Hasilnya Anda hanya punya harapan sekitar 90% dari judul yang Anda buat untuk ditampilkan dengan benar.

Tidak ada batasan karakter yang pasti, karena karakter dapat bervariasi lebar dan judul tampilan Google maksimal (saat ini) pada 600 piksel.

Mengapa Title tag Sangat penting?

Title tag meta adalah faktor utama yang membantu mesin pencari memahami tentang halaman Anda, dan ini akan menjadi adalah kesan pertama yang dimiliki banyak orang tentang halaman Anda.

Title tag digunakan di tiga tempat utama:

  1. halaman hasil mesin pencari (SERP),.
  2. browser web, dan
  3. jejaring sosial.

1. Halaman hasil mesin pencari

Title Yang Anda buat menentukan judul tampilan Anda di SERP, dan akan menjadi pengalaman pertama bagi pengunjung yang menemukan situs Anda.

klik Title tag

Sekalipun peringkat situs Anda bagus,namun judul yang bagus bisa menjadi faktor penentu bagi seseorang mengklik link Anda atau tidak.

2. Browser web

Title tag juga ditampilkan di bagian atas browser web yang Anda gunakan dan bertindak sebagai pengganti, terutama untuk orang-orang yang memiliki banyak tab browser terbuka.

web browser Title tag

Judul yang unik dan mudah dikenali dengan kata kunci penting pada bagian depan membantu orang memastikan mereka tidak kehilangan jejak konten yang Anda buat.

3. Jejaring sosial

Beberapa situs web eksternal , terutama jejaring sosial seperti twitter dan facebook,menggunakan tag meta sendiri untuk menentukan apa yang akan ditampilkan ketika Anda membagikan seuah link halaman,yang memungkinkan Anda menentukan judul yang berbeda dari tag judul utama Anda.

Ini dapat memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan setiap halaman web Anda, dan memberikan judul yang lebih panjang.

Bagaimana cara menulis tag title yang baik?

Karena Title tag adalah bagian yang penting dari optimisasi mesin pencari dan pengalaman pengguna pencarian, maka buatlah Title tag ini secara efektif .

Berikut adalah rekomendasi dari saya untuk mengoptimalkan tag judul untuk mesin pencari.

1. Perhatikan panjang judul

Jika judul yang Anda buat terlalu panjang, mesin pencari dapat memotongnya dengan menambahkan ellipsis (“…”) dan akhirnya menghilangkan kata-kata penting.

Meskipun pada umumnya banyak orang yang menyarankan agar membuat judul di bawah 60 karakter, namun batas pastinya sedikit lebih rumit untuk dipastikan karena halaman mesin pencari hanya sebesar 600-piksel.

Beberapa karakter secara alami membutuhkan lebih banyak ruang.

Karakter seperti huruf besar “W” lebih lebar daripada karakter huruf kecil seperti “i” atau “t”.

Lihatlah contoh di bawah ini:
CONTOH HASIL JUDUL DI MESIN PENCARIJudul pertama menampilkan karakter penuh karena pendek, dan judulnya berisi TANDA (“-“).

Judul kedua terpotong karena huruf besar dan kepanjangan dan dalam tag judul ada masuk nama situs web yang lengkap.

Cobalah untuk menghindari judul yang panjang…

Akan sangat sulit bagi pengunjung untuk membaca, dan ini berpotensi terjadi non klik karena jumlah karakter yang akan ditampilkan Google dibatasi.

Perlu diingat , mesin pencari dapat memilih untuk menampilkan judul yang berbeda dari apa yang Anda berikan dalam tag judul Anda. Misalnya, Google dapat menambahkan nama web Anda ke judul tampilan.

Ingatlah bahwa judul yang panjang memang lebih baik untuk keperluan di sosial media (dalam beberapa kasus) Namun Anda juga perlu memperhatikan search engine.

Akan sangat baik untuk memperhatikan bagaimana judul Anda muncul di hasil pencarian, kabar baiknya bahwa tidak ada hukuman menggunakan judul yang panjang.

Posisikan diri Anda sebagai pengunjung terlebih dulu sebelum membuat dan memposting sebuah judul.

2. Jangan berlebihan menggunakan kata kunci

Meskipun tidak ada penalti yang dimasukkan ke dalam algoritme Google untuk judul yang panjang, Anda dapat mengalami masalah jika Anda mulai mengisi judul penuh dengan kata kunci

Hal ini akan memenciptakan pengalaman pengguna yang buruk, seperti:

Beli Domain, Domain Terbaik, Domain Murah, Domain untuk Dijual

Hindari judul yang isinya hanya kata kunci atau kata kunci yang sama berulang-ulang.

Judul yang isinya hanya dengan kata kunci sangat buruk bagi pengguna dan bisa berakibat fatal dengan mesin pencari.

Mesin pencari memahami variasi kata kunci, Anda tidak perlu kontraproduktif untuk memasukkan setiap versi kata kunci ke dalam judul.

3. Berikan judul unik pada setiap halaman

Judul unik dapat membantu mesin pencari memahami bahwa konten yang Anda buat unik dan berharga, hal ini akan memberikan hasil klik-tayang yang lebih tinggi.

Pada skala ratusan atau ribuan halaman, mungkin tampak mustahil untuk membuat judul unik untuk setiap halaman, tetapi CMS dan templat berbasis kode modern harus memungkinkan Anda setidaknya membuat judul unik berbasis data untuk hampir setiap halaman penting dari situs Anda.

Misalnya, jika Anda memiliki ribuan halaman produk dengan database nama dan kategori produk, Anda bisa menggunakan data itu untuk dengan mudah menghasilkan judul seperti:

[Nama Produk] – [Kategori Produk] | [Nama merk]

Hindari judul default, seperti “Beranda” atau “Halaman Baru” – judul-judul ini dapat menyebabkan Google berpikir bahwa Anda memiliki duplikat konten di situs Anda.

Selain itu, judul-judul ini selalu mengurangi tingkat klik-tayang.

Tanyakan kepada diri sendiri: seberapa besar kemungkinan Anda mengklik pada halaman yang disebut “Tanpa Judul” atau “Halaman Produk”

4. Masukkan kata kunci penting terlebih dahulu

Menurut pengujian dan pengalaman Moz, kata kunci yang Di awal tag judul lebih berdampak pada peringkat pencarian.

Selain itu, penelitian pengalaman pengguna menunjukkan bahwa orang dapat memindai sesedikit dua kata pertama dari sebuah judul.

Inilah mengapa saya merekomendasikan judul di mana semua aspek paling unik dari halaman (mis. Nama produk) muncul terlebih dahulu.

Hindari judul seperti:

Nama Merek | Kategori Produk Utama – Kategori Produk Kecil – Nama Produk

Judul-judul seperti contoh ini hanya memuat informasi berulang di bagian depan dan memberikan sedikit nilai unik pada pandangan pertama.

Selain itu, jika mesin pencari memotong judul kutipan judul itu, maka bagian yang paling unik mungkin hilang.

5. Manfaatkan merek Anda

Jika Anda memiliki brand yang kuat dan sudah terkenal, klalu menambahkannya ke judul maka ini dapat membantu meningkatkan rasio klik-tayang.

Saya sangat merekomendasikan menempatkan brand Anda di akhir judul.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Google dapat menambahkan brand Anda secara otomatis ke judul tampilan Anda, jadi perhatikan bagaimana hasil pencarian Anda saat ini ditampilkan.

6. Menulis untuk Pengunjung Anda

Sementara Title tag ini sangat penting untuk SEO, Anda juga perlu mengingat bahwa tugas pertama Anda adalah membuat semua menjadi menarik untuk pengunjung,sebab pengunjung yang ditargetkan dengan baik cenderung ingin menemukan konten Anda lagi dan lagi.

Sangat penting untuk memikirkan seluruh pengalaman pengguna ketika Anda membuat Title tag Anda, di samping ini juga sebagai optimasi dan penggunaan kata kunci.

Tag Tityle adalah interaksi pertama pengunjung baru dengan brand Anda ketika mereka menemukannya di hasil pencarian – tag tersebut harus menyampaikan pesan paling positif dan seakurat mungkin.

Mengapa Google tidak menggunakan Title tag saya?

Terkadang, Google dapat menampilkan judul yang tidak cocok dengan tag judul Anda.

Hal Ini tentu membuat frustrasi, tapi tidak ada cara mudah untuk memaksa google mengambil dan membaca judul yang telah Anda tentukan.

Tapi, Jika ini terjadi pada Anda,maka ada empat kemungkinannya…

1. Judul Anda diisi dengan kata kunci terlalu banyak

Seperti dibahas di atas, jika Anda mengisi judul Anda dengan kata kunci secara berulang ulang (disebut “optimasi berlebihan”), Google dapat memilih untuk mengambil ulang.

Jadi mulailah menulis judul Anda agar lebih bermanfaat bagi pengguna pencarian.

2. Judul tidak cocok dengan kueri

Jika halaman Anda cocok dengan permintaan pencarian yang tidak terwakili dengan baik dalam judul, Google dapat memilih untuk mengambil ulang deskripsi judul tampilan Anda.

Kelengkapan mengenai deskripsi ada di Optimasi Deskripsi Penelusuran.

Tapi ingat bahwa Ini tidak selalu menjadi hal yang buruk,tetapi jika judul Anda ditolak untuk pencarian yang diinginkan, volume tinggi, maka pertimbangkan untuk menulis ulang agar lebih cocok dengan kata kunci pencarian tersebut dan maksud google.

3. Anda memiliki judul alternatif

Dalam beberapa kasus, jika Anda memasukkan data judul alternatif, seperti meta tag untuk Facebook atau Twitter, Google dapat memilih untuk menggunakan judul tersebut sebagai gantinya.

Sekali lagi, ini bukan hal yang buruk, tetapi jika ini menciptakan judul tampilan yang tidak diinginkan, Anda mungkin harus menulis ulang data judul alternatif.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *